Peranan teknologi GIS dalam Bisnis Informasi Geografi

ByLukman Suprayitno

Peranan teknologi GIS dalam Bisnis Informasi Geografi

Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam era globalisasi ini kemajuan teknologi sangat pesat sekali. Banyak sekali riset-riset yang dilakukan untuk mendorong timbulnya penemuan baru dalam dunia teknologi terutama teknologi Informasi. Adapun salah satu perkembangan teknologi yang sedang booming saat ini adalah Sistem Informasi Geografis atau Geographic Information System (GIS). Dengan adanya teknologi ini maka akan memudahkan kita dalam hal pemetaan lahan, dan penentuan lahan pertanian yang cocok untuk jenis tanaman tertentu sehingga dapat berproduksi secara maksimal. SIG di Indonesia masuk dan mulai diperkenalkan melalui materi-materi pengajaran di beberapa Jurusan atau Fakultas tertentu di tingkat Perguruan Tinggi dan institusi-institusi milik Pemerintah serta pada bidang-bidang tertentu.

Sistem Informasi Geografis (SIG) pertama pada tahun 1960 yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan geografis,40 tahun kemudian perkembangan GIS berkembang tidakhanya bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan geografis saja tetapi sudah merambah ke berbagai bidang pemerintahan serta bisnis yang berhubungan dengan geografi. Geographic information system (GIS) atau Sistem Informasi Berbasis Pemetaan dan Geografi adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan komputer yang berkait erat dengan sistem pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi.

Teknologi GIS mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini, seperti pengambilan data berdasarkan kebutuhan, serta analisis statistik dengan menggunakan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu ditawarkan melalui analisis geografis melalui gambar-gambar petanya.

Dalam bidang pemerintahan misalnya pada PDAM. Data-data jaringan pipa, letak rumah pelanggan dan accessories tersimpan dengan aman dan terstruktur dengan proses pengeditan atau pengolahan secara cepat, akurat dan efisien dalam komputerisasi. Sehinga dapat cepat menunjang kegiatan operasional PDAM. Seperti membantu penanganan kebocoran air, membantu pembuatan rencana pemasangan dan relokasi jaringan pipa serta accessories, dan membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen untuk peningkatan pelayanan.

Bidang lain yang digeluti PT Pratama Kinerja Perkasa adalah pada PLN, yaitu kegiatan Data Induk Jaringan (DIJ) penggunaan teknologi GIS digunakan memetakan aset-aset milik PLN, serta mengelolamya dalam bentuk data digital. Seperti jalur sambungan rumah pelanggan, gardu distribusi baik jaringan tegangan rendah maupun jaringan tegangan tinggi, penyulang dan gardu induk. Semua data aset tersebut dipetakan dalam bentuk data digital berupa data spatial (data gambar) maupun juga data textual (data text). Sehingga dengan adanya GIS ini bermanfaat untuk proses bisnis PLN yaitu membantu pembuatan rencana pengembangan jaringan listrik (JTL), manajemen data induk jaringan, pemeliharaan distribusi aset, serta peta geografisnya.

About the author

Lukman Suprayitno administrator

Leave a Reply