Pelatihan Kompetensi Assesor LSP TIK

ByLukman Suprayitno

Pelatihan Kompetensi Assesor LSP TIK

Dalam rangka pembangunan nasional Indonesia yang dituangkan dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan untuk menghadapi persaingan global di Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) diperlukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang kompetitif. SDM tersebut bisa dipenuhi melalui sistem pelatihan dan penilaian berbasis kompetensi.

Sertifikasi Profesi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dilakukan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) oleh para Asesor yang diikuti peserta pelatihan (asesi). Sistem Pelatihan dan Penilaian Berbasis Kompetensi, mensyaratkan tersedianya Asesor Kompetensi (Workplace Assessors) sebagai salah satu komponen utama dalam proses penilaian. Penilai memiliki posisi dan peran yang strategis karena akan sangat menentukan kualitas uji kompetensi yang dilakukan.

Asesor dengan kompetensi dan kewenangan yang dimilikinya dapat merekomendasikan keputusan apakah seseorang sudah kompeten atau belum kompeten terhadap unit standar kompetensi yang
dinilai.

Kemampuan yang harus dimiliki Asesor adalah kemampuan membimbing dan mengarahkan peserta
uji (asesi) untuk dapat menampilkan seluruh kemampuan terbaik yang dimilikinya dalam memenuhi
bukti-bukti yang dipersyaratkan pada satu atau sekelompok unit kompetensi dengan metode –
metode tertentu.

Maka diperlukan asesor yang berkualitas (qualified) dan tersertifikasi (certified), yang dimulai dari penyeleksian, pelatihan serta uji kompetensi kepada calon asesor oleh Master Asesor.

Pada Hari Senin tanggal 3 Agustus tahun 2015 sampai dengan hari Jum’at tanggal 7 Agustus tahun 2015 telah diselenggarakan kegiatan Asesor Kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi
Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP-TIK) Indonesia bertempat di TUK PT. Ebiz, jalan Pucang Anom no. 23 Surabaya.

Kegiatan diikuti oleh 15 peserta calon assesor dari Perguruan Tinggi, Praktisi Perusahaan dan Pondok
Pesantren. Pelatihan materi dilakukan oleh master asesor disertai dengan demo cara melakukan asesmen dimulai dari jam 08.00 dan berakhir pada jam 22.00 selama 4 hari. Selanjutnya dilakukan Asesmen Role Play antar sesama peserta dan Asesmen mandiri dengan asesi dari pihak ketiga.

Pada hari terakhir Jum’at tanggal 7 Agustus 2015 dilakukan Real Asesmen yang dilakukan oleh calon asesor dengan asesi dari pihak ketiga dan dinilai langsung oleh Master Asesor yang berbeda dengan master asesor saat pelatihan. Hasil dari ujian real asesmen semua peserta direkomendasikan kompeten untuk menjadi asesor dibilang TIK.

About the author

Lukman Suprayitno administrator

Leave a Reply